Kamis, 25 Oktober 2012

KIPROK MURAH DARI YANG TERMURAH



Kiprok alias regulator dibanderol mahal, palsu Rp 25.000 yang asli 50-100 ribu, hal ini membuat Yoyok Supriadi kreatif. Mekanik USS (Ucok Scooter Sport) di Jagakarsa, Jakarta Selatan ini bikin kiprok produk USS cuma Rp 6.000.



Modalnya dua dioda dan satu elko (kapasitor). Memang sih MOTOR Plus alias Em-Plus pernah membahas edisi 52/I halaman 6. Tapi temuan Yoyok yang bukan adiknya Doyok lebih canggih dan sederhana. Ketika arus masuk berlebihan, disimpan dulu oleh kapasitor. Jadi arus tetap stabil. Semua peralatan kelistrikan aman-aman saja.

Dioda mampu menampung tegangan AC 20–30 volt. Lebih dari itu, dibuang ke massa. Yang tersaring dialirkan rangkaian dioda dan kapasitor. Arus inilah yang menyuplai setrum ke aki dan kelistrikan lampu, yang hanya 12 volt DC.

Bagi yang penasaran, silakan beli dua dioda 6 ampere dan sebiji elko 2,5 mikro farad. Di toko elektronik, paling mahal Rp 6.000. Sediakan juga solder dan timah. Mari bekerja, dua dioda digabungkan pada posisi searah menggunakan solder.

Posisi searah bisa ditandai dari pelat putih di bodi dioda. Pelat putih menandakan kutub positif (gbr. 1). Nah, gabungkan pakai timah yang dipanaskan solder. Biar jelas, lihat gambar  (gbr. 2). Selanjutnya solder juga sisi negatifnya.



Dua ujung dioda yang disatukan disambung kabel. Sisi negatif menggunakan kabel kuning, sedang sisi positif, pakai kabel biru.

Jembatan elko dipasang di salah satu dioda. Kaki negatif elko pada sisi negatif dioda dan positif di kaki positif dioda (gb. 3).

Tinggal pasang di kendaraan. Kabel kuning disambung ke kabel sepul magnet yang arusnya bolak-balik. Kabel biru ke kutub positif aki.
Komponen tersebut bila sedang berfungsi mempunyai suhu hangat cenderung panas, namun panasnya tidak menyebabkan kulit melepuh. Yoyok menggaransi, kondisi normal bisa bertahan satu tahun.


















(motor plus)




Source / sumber :

http://suprichusnul.multiply.com/journal/item/27

3 komentar: